Tulungagung  – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Ikatan Media Online (IMO) Indonesia Provinsi Jawa Timur mengelar Rapat Kerja Wilayah bertajuk, “Tumbuh Lebih Cepat Berkembang Lebih Pesat”, bertempat di Meeting Room Sulthan Guest House dan Resto, Tulungagung, Kamis (1/5).

Rakerwil ini dilaksanakan guna Menyusun dan mengevaluasi Program Kerja Hasil Musyawarah Wilayah periode kepengurusan tahun berjalan.

Diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia Rakerwil Budi Mulyanto, diteruskan Sambutan Ketua DPW IMO Jawa Timur Arief Gringsing.

Dikesempatan itu, Arief Gringsing yang sudah berkiprah selama 25 tahun di dunia pers, menyampaikan perjalanan organisasi yang terseok-seok saat adanya pandemik Covid-19 lalu.

Namun demikian, dia optimis IMO kedepan akan berkibar adanya dengan soliditas dan bergabungnya para sabahat-sahabat dari berbagai media di beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur, juga adanya dukungan serius dari Dewan Penasehat dan Dewan Pembina serta kuatnya akses DPP IMO di Jakarta dalam membangun jejaring dengan Mabes Polri, Kejaksaan Agung, KPK, Kementerian Luar Negeri.

“Insyaa Allah IMO Indoensia akan dapat memberikan kesejahteraan pada kita semua di masa depan,” kata Arief Gringsing yang mengawali karirnya menjadi wartawan Tabloid Ekonomi Paramitha terbitan Surabaya itu, di tahun 1998.

Kemudian Ketua Dewan Penasehat DR. H. Sunjoto menyampaikan, pesan dan harapannya bahwa salam teori Sosiologi, perilaku individu akan mempengaruhi keberlangsungan organisasi. Karena itu soliditas, keterbukaan dan adaptasi perkembangan informasi dan tekhnologi iformatika sangat penting pada organisasi pers.

“Jika organisasi tumbuh bekembang jangan sampai lupa pada tujuan dan cikal bakal organisasinya,” ujarnya.

Sementara itu KH. Romadhlon Sukardi sebagai Pembinan menyampaikan pelunya sosialisasi lebih lanjut apa itu organisaasi IMO Indonesia ke seluruh jaringan di Jawa Timur.

“Tentu sebelumnya ada penguatan dulu pada pengurus kabupaten/kota yang sudah tergabung di IMO,” kata Wartawan Senior yang turut membidani terbitnya Surat Kabar Duta Masyarakat di Surabaya bersama Cak Anam.

Acara seremoni ditutup dengan pembacaan doa oleh wartawan senior juga H. Zarkasi, yang saat itu mendampingi hingga raker usai.

Pada sesi evaluasi program kerja dan penyampaian pandangan, pendapat dan usulan peserta Rakerwil itu, Ketua DPP IMO Indoensia Yaqub Ismail melalui VC menyampaikan support dan minta agar DPW IMO Jawa Timur segera melakukan Musyawarah Wilayah untuk melakukan reorganisasi.

Dilanjutkan VC dari Muhammad alias Erwin Muhammad yang disepakati dari seluruh peserta untuk menjadi kandidat Ketua bersama Tjatur Prabowo dan Karyanto.

Erwin melalui VC menyampaikan perjalanan karirnya di dunia pers dan organisasi media yang terbaru menjadi Ketua SIWO PWI Jawa Timur yang baru usai menyelenggarakan kegiatan nasional di Malang awal tahun 2023, lalu.

Dilanjutkan adanya masukan dari Siswojo yang merasa mendapatkan manfaat saat bergabung dengan IMO Indoensia, karena di Pemkab Purwakarta Jawa Barat mensyaratkan media yang menjalin bekerjasama dengan humasnya harus terdaftar sebagai anggota salah satu organisasi
media.

“Alhamdulillah, keanggotaan kami di IMO Indonesia yang daftarnya secara online itu diterima oleh Pemkab Purwakarta,” katanya.

Dilanjutkan penyampaian dari Zunaidi Achmad dari Serayunusantara.com Blitar Raya, dia bersama Eko yang siang itu hadir mengharapkan jika bergabung IMO dapat membawa keuntungan bagi perusahaannya dimasa depan.

“Yang kita cari kan keuntungan jika kita mengelola perusahaan pers ini, selain itu dibutuhkan adanya koordinasi dan kejelasan dari pengurus dan status IMO secara hukum, agar kami juga dapat mengajak rekan pengelola media lainnya untuk bergabung di IMO Indoensia.”

Dari Kediri Tuba bersama rekan-rekannya menyambut IMO Indonesia dengan antusias, dia menanyakan keberadaan dan keanggotaan media-media yang ada di Kediri Raya. Saat ini untuk DPK IMO Kabupaten Kediridi ketuai Dedi Noviansyah.

Kesimpulannya, dalam waktu sebulan, DPR IMO Jawa Timur akan mengadakan Musyawarah Daerah Wilayah. Adm