Jakarta – Ikatan Media Online (IMO) Indonesia mengucapkan selamat kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

“Mewakili seluruh rekan-rekan pengurus dan anggota IMO Indonesia, kami ucapkan selamat kepada pak Jenderal Agus Subiyanto atas jabatan barunya,” ucap Ketum IMO Indonesia Yakub Ismail di Jakarta, Rabu (22/11/23).

Yakub juga berharap di bawah Jenderal Agus Subyanto, TNI semakin maju dan jaya demi Indonesia yang aman dan nyaman.

“Dengan melihat rekam jejak beliau, tentu beliau sosok yang tepat menggantikan pak Laksamana Yudo Margono,” katanya.

Adapun, pelantikan panglima TNI ini dilaksanakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta.

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus mengucapkan sumpah jabatan mengikuti yang didiktekan Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11).

Agus Subiyanto dilantik menjadi Panglima TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Keppres Nomor 102/TNI Tahun 2023. Keppres itu juga mengatur pemberhentian dan ucapan terima kasih atas bakti Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Pelantikan dilanjutkan dengan penanggalan dan penyematan tanda pangkat serta jabatan. Lalu dilanjutkan penyerahan tongkat komando panglima TNI kepada Agus Subiyanto.

Sebelumnya, pada Selasa (21/11), DPR menggelar rapat paripurna untuk menyetujui pelantikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Agus merupakan lulusan Akademi Militer 1991 yang punya rekam jejak dekat dengan Jokowi. Dia pernah menduduki jabatan Komandan Kodim 0735/Surakarta saat Jokowi masih Wali Kota Solo.

Dirinya juga pernah bertugas mengamankan Istana Bogor di masa kepresidenan Jokowi ini. Kala itu, Agus menjabat Danrem 061/Suryakencana (Bogor).

Agus juga pernah memimpin Paspampres pada periode kedua pemerintahan Jokowi. Ia menjadi Komandan Paspampres pada 2020-2021.

Usai bertugas di istana, Agus menjadi Pangdam III/Siliwangi pada Agustus 2021. Lalu ia dipercaya sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat pada 2022. adm