Jakarta – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Media Online (IMO) Indonesia akhirnya menetapkan Festival Andun Vaganza (FAV) sebagai nominator terbaik nasional dalam IMO-Indonesia Award tahun 2023.

Nominasi prestisius ini diberikan dalam kategori even pariwisata tradisional paling representatif dan konsisten melibatkan seluruh stakeholder di suatu daerah.

Demikian diutarakan Ketua Umum (Ketum) IMO-Indonesia Yakub Ismail SE MM di Jakarta, Rabu (15/11/23) pagi.

“Even ini membuktikan bahwa industri pariwisata tradisional mampu menggapai banyak segmen pasar, mempertemukan para pelaku usaha mulai UMKM hingga BUMDes dan desa wisata dalam satu momen terintegrasi,” ungkapnya.

Yakub menilai, FAV sanggup menjunjung prinsip kegotongroyongan dalam swadaya kegiatan, sehingga segenap organisasi penggerak dan para pegiat bisa bersinergi sempurna.

“Bahkan di tahun keempat ini, Festival Andun Vaganza sukses lakukan lompatan besar tanpa ketergantungan berlebihan terhadap support anggaran pemerintah daerah yang mungkin sedang payah,” tandasnya.

Atas capaian tersebut, CEO PutraIndoNews ini membenarkan Andun Vaganza bakal menjadi nama pertama yang pantas tercatat dalam Museum Rekor Media Online (MEMO) Indonesia.

“Tentu saja, suatu saat nanti ini akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Bengkulu Selatan sebagai lokus Festival Andun Vaganza, juga bagi seluruh masyarakat Etnik Serawai di Tanah Air,” tuturnya.

Sebelumnya diwartakan, DPP IMO-Indonesia kukuhkan Bujang Gadis Andun Vaganza, Yogi Tria Syaputra dan Windu Cahya Maharani sebagai Duta Wisata Nasional tahun 2023.

Penobatan keduanya ditandai pemasangan selempang duta oleh Stafsus Wakil Presiden RI Dr Firman Wijaya dan Ketua Umum IMO-Indonesia Yakub Ismail dalam Seminar Nasional 11.11 di Jakarta, Sabtu (11/11) sore.

Sejoli asal Desa Muara Pulutan, Seginim, Bengkulu Selatan ini dititah menjadi duta wisata nasional selama empat tahun, terhitung mulai Januari 2024.

Atas penugasan tersebut, Yogi-Windu diberi reward berupa beasiswa kuliah strata satu (S1) dan strata dua (S2).

Yogi-Windu terpilih sebagai Duta Wisata Nasional 2023 setelah berhasil menggeser 26 pasang finalis lomba Tari Andun Pasangan dan interview kepariwisataan pada ajang Festival Andun Vaganza, di Bengkulu Selatan, 21 Oktober lalu.

Juara Umum

Kesuksesan Yogi-Windu bertengger di podium juara pertama lomba Tari Andun Pasangan disusul dua kemenangan berikutnya oleh desa pendelegasi mereka, yakni Muara Pulutan.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Muara Pulutan menjadi juara pertama Kontes Kuliner Pendap FAV 2023, dihelat 22 Oktober lalu.

Sepekan kemudian, Dewan Juri Lomba Desa Wisata FAV 2023 juga menetapkan Muara Pulutan sebagai juara pertama.

Mengantongi nilai tertinggi pada 3 dari 5 cabang perlombaan Festival Andun Vaganza mengantarkan Muara Pulutan sebagai juara umum.

Sebagai wujud apresiasi dan legitimasi, Muara Pulutan ditetapkan sebagai juara nasional desa wisata legendaris terpopuler.

Hal ini ditandai penyerahan plakat juara oleh Waketum II DPP IMO-Indonesia, Safrul Daulay SH MM CCPS kepada Kepala Desa Muara Pulutan, Ir Suherman, usai Seminar Nasional 11.11 di Jakarta.

Informasi terkini, Festival Andun Vaganza tahun depan akan dihelat sekitar Mei-Juli, menghadirkan Presiden RI sebagai juri kehormatan Kontes Kuliner Pendap.

Hari tersebut, ditargetkan bisa ditetapkan sebagai Hari Pendap Nasional dan capaian rekornya akan dicatat dalam MEMO Indonesia. adm