PROYEK JALAN GANTING-WAGE RP 3,5 M, AMBURADUL

■ Kinerja CV Jaya Mulia Dipertanyakan, Dinas PU Bina Marga Sidoarjo Tutup Mata

SIDOARJO, JATIM, BN-Proyek peningkatan jalan Ganting-Wage (lanjutan) ruas 100, yang dikerjakan pemenang tender CV Jaya Mulia, Desa Kupang, Kec. Jabon Sidoarjo, terlambat, amburadul dan dikeluhkan warga sekitar, Padahal proyek tersebut mengeruk uang rakyat dari APBD Kab. Sidoarjo tahun 2019 senilai Rp 3,5 milyar. Anehnya dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kab Sidoarjo tutup mata dan menerima pekerjaan tersebut. Warga meminta DPRD memanggil pihak terkait termasuk, kontraktor pelaksana.

Advertisements

Informasi diperoleh BN dan bidiknasional.com, proyek peningkatan jalan cor tersebut menurut warga sudah terlambat, harusnya pekerjaan selesai akhir desember tahun 2019 tapi molor sampai tanggal (09/01/2020) baru selesai dan bisa dilewati kendaraan.

Selain terlambat ternyata pekerjaan tidak bagus, sana-sini bergelombang. Jalan cor selebar 3-4 meter tersebut kalau dinaiki pakai kendaraan terasa tidak rata atau tidak nyaman sama sekali. Bahkan, meski baru di bangun sudah ada yang keropos, menandakan kualitas pekerjaan tidak bagus.

Yang lebih mengherankan, Pasang box covertnya juga amburadul sampai ditutupi pot bunga sama warga. Karena warga takut pengguna jalan terjatuh.

”Kami tutupi pot mas, takut nanti mencelakakan pengguna jalan,” ujar warga lainnya.

Masyarakat sekitar berharap kepala dinas PU Bina Marga turun langsung ke lokasi pekerjaan memeriksa hasil pekerjaan tersebut.

”Kami minta DPRD Kabupaten Sidoarjo turun untuk mengecek hasilnya pengerjaa di lapangan,” desak warga lainnya.

Wartawan BN Biro Sidoarjo, sudah berusaha konfirmasi melalui surat Ke CVJaya Mulia yang beralamat di Desa Kupang Kec. Jabon, tapi tidak ada jawaban.

Waktu wartawan BN konfirmasi di tempat proyek di temui seorang pria mengaku sebagai pekerja CV. Jaya mulia. Pria tersebut menjelaskan, “Mas CV. Jaya Mulia itu punyanya mas Deby anak Haji Bong Jabon, masak sampean tidak kenal,” ujar pekerja itu.

Sedang Kepala Dinas PU Bina Marga Kab. Sidoarjo belum berhasil dikonfirmasi BN. (Yah)