PCM Muhammadiyah Purwoharjo Sembelih Hewan Kurban

BANYUWANGI, JATIM, BN-Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purwoharjo Pusat Dakwah Muhamadiyah Purwoharjo, Masjid An Nur melaksanakan penyembelihan hewan kurban, Jumat (31 Juli 2020).

Peyembelihan sapi 67 ekor dan kambing 73 ekor berlangsung di halaman Masjid An Nur.

‎Ketua panitia qurban yang juga Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purwoharjo Anang Ariyanto mengatakan, di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purwoharjo terkait penyembelihan hewan kurban di sini terbagi menjadi beberapa ranting karena pimpinan ranting di Kecamatan Purwoharjo ada 10, maka tempat penyembelihan hewan qurban ada 12 lokasi.

Ketua Anang Ariyanto S.Pd lebih lanjut, kalau ditinjau dari tahun yang lalu dengan tahun sekarang ada peningkatan 90 persen dibanding tahun 2019.

Desa Glagahagung hewan qurban 38 ekor Sapi, sekarang Glagahagung hewan qurbannya mencapai 58 ekor sapi. “Setiap ada pertemuan kami memberikan motivasi kepada ranting-ranting untuk membudayakan sadar kurban,” katanya.‎

Lanjutnya, khusus warga Muhammadiyah Purwoharjo melaksanakan kurban, alhamdulillah setiap tahunnya mengalami peningkatan. Dan tahun ini dari Pimpinan Cabang Muhammadiyah Purwoharjo hanya selaku koordinator saja, pelaksana ada di ranting-masing ranting.

“Kami dari PCMP dengan menyingkapi adanya pandemi COVID 19, kami sudah menyiapkan tim medis 15 orang dan sesuai dengan protokol kesehatan, serta meminta bantuan kepada Kokam 20, manakala ada kunjungan dari Pemerintah Desa Glagahagung dan Kecamatan Purwoharjo, kami laksanakan sesuai dan dikawal oleh Kolam waktu mengantar daging kurban ke warga,” katanya.

Menurutnya, penyembelihan hewan kurban di masing masing ranting sudah ada ahlinya, sehingga tidak mengundang dari tempat lain/ dinas terkait, penyembelihan lokal.

Seperti di Jatiluhur ini sebagai induk PCMP ada17 ekor Sapi, 87 ekor sudah selesai dipotong, sisanya dilanjutkan setelah selesai sholat Jumat.

“Dan sebagai harapan, kegiatan proses penyembelihan hewan qurban Idul Adha ini berjalan lancar dan kondusif walaupun masa pandemi COVID 19 tidak mengurangi semangat guyub rukun. Disisi lain bisa berbagi daging qurban 3180 paket untuk warga Purwoharjo,” ucapannya.

Pelaksana penyaluran daging qurban Maryanto menambahkan, “Idul Adha adalah semangat berbagi untuk sesama umat, bukan sekedar perayaan hati raya idul Adha menjadi mementum bagi setiap umat muslim untuk berbagi pada sesama melalui hewan qurban yang disembelih,” pungkasnya. (Jojo BN)