Bupati Purworejo Kunjungi Pos Pengamanan Nataru

KORANJURI.COM – Bupati Purworejo Agus Bastian, didampingi Wabup Yuli Hastuti dan jajaran Forkopimda, mengunjungi beberapa pos pelayanan pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru), Selasa malam (24/12).

Kunjungan dimulai dari Stasiun Kutoarjo, Gereja Santo Yohanes Rasul Kutoarjo, Gereja Santa Perawan Maria Purworejo dan berakhir di Command Center Diskominfo Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan bingkisan untuk para personil yang berjaga di masing-masing Pos Pengamanan Nataru.

“Kegiatan monitoring ini dilakukan untuk memastikan kesiapan para personil dalam menghadapai Nataru,” ujar Bupati Purworejo di sela-sela kunjungannya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh elemen masyarakat yang terlibat mengamankan perayaan Nataru di Purworejo.

“Ini yang kita idamkan sebagai kota yang masyarakatnya agamis dengan mengedepankan toleransi,” ungkap Bupati .

Di akhir kegiatan, Bupati dan rombongan mengunjungi Command Center Dinkominfo, dan disambut oleh Stefanus Aan, Plt Kadin Kominfo Kabupaten Purworejo.

Pada Bupati Aan menjelaskan, bahwa saat ini sudah ada 30 titik kamera CCTV yang bisa dipantau di seluruh wilayah Purworejo, ditambah satu kamera di Alun-alun Purworejo.

Kecanggihan kamera-kamera CCTV ini, menurut Aan, selain bisa mengenali wajah, juga bisa mendeteksi dan melacak nomor polisi kendaraan yang melintas serta ke mana saja rute mereka.

CCTV milik Dinkominfo itu mampu merekam secara otomatis dengan resolusi tinggi selama 1,5 bulan. Jika resolusi diturunkan, lama rekamnya bisa mencapai tiga bulan.

“Ada tiga tipe kamera yang digunakan, yaitu tipe kamera yang bisa memutar 360°, kamera pengenal wajah (recognize face) dan kamera yang hanya dipergunakan untuk memantau situasi, terhubung dengan kamera milik Dishub,” terang Aan. (Jon)